I'm Just Into "You" (Make Up)

“Gincu Engineer”
Beberapa tahun terakhir nama itu mulai sering aku dengar dari teman, sahabat, pacar, bahkan keluarga aku. Yap, aku adalah lulusan teknik dengan gelar Petroleum Engineer. But, i’m really really really make-up junkie. Specially, i’m a lipstick junkie.

Orang-orang terdekat aku paham betul apa yang setiap bulan aku beli. Orang-orang terdekat aku paham betul apa yang aku cari dan counter apa yang aku kunjungi. Orang-orang terdekat aku paham betul apa dan siapa yang follow di social media. Dan mereka tau pasti, apa yang aku bicarakan ketika aku hadir diantara mereka. Tidak lain dan tidak bukan adalah Kosmetik, Make-up, Skin Care, or everything about Beauty Things. I know, untuk beberapa orang pasti kaget dengan kepribadian aku yang sembrono dan boyish. But, that’s my real life. Aku gak bisa nge-bohong-in diri aku sendiri soal urusan kecantikan.

Aku bahkan gak ingat sejak kapan aku mulai suka Make-up.

Yang aku ingat saat aku masuk usia remaja, salah satu Tante aku menceritakan tentang kenakalan aku. Beliau mengasuhku sekitar saat aku berumur 3 tahun. Ketika aku berada dirumah beliau, yang aku kerjakan adalah hanya bermain dengan meja rias nya. Setiap hari ada saja kelakukan aku yang bikin beliau marah. Entah pensil alisnya patah, entah bedaknya bertaburan, entah tangan aku penuh dengan warna maskara, sampai lantai putih kamar beliau ada gambar gunung berwarna merah hasil karya tangan kecil aku menggunakan lipstick yang baru saja beberapa hari beliau beli.

Yang aku ingat saat aku masuk usia remaja, Mama juga cerita kalau saat aku di Taman Kanak-Kanak. Aku sering kepergok pake crayon warna hitam di alis dan crayon warna merah di bibir.
Yang aku ingat, ditahun 2010 sahabat aku yang bernama Dion Dimitri kaget saat pertama kali kita berdua ke mall dan dia melihat aku mencoba setiap produk kosmetik yang aku lihat saat melewati beauty counter.

Yang aku ingat, ditahun 2011 sahabat aku Marcellina Rahmadini geram dan gerah. Bisa juga terbilang lelah dengan kebiasaan aku yang selalu mampir di Beauty Counter kalau lagi jalan-jalan ke mall. Aku masih ingat persis apa yang Achel katakan : “Kalau orang suka kosmetik pasti pinter dandan, Kiki. Pinter dandanin orang atau minimal pinter dandan untuk diri sendiri. Bukan hanya memandangi kosmetik yang ada di etalase mall.”



Yang aku ingat, setelah dengar kalimat Achel. Aku merasa itu adalah titik dimana aku menggebu-gebu sekali ingin belajar make-up. Thanks to Chad Hurley, Steve Chen and Jawed Karim yang telah menciptakan Youtube. Karena aku gak tau lagi harus belajar dari mana soal make-up dengan hanya bermodalkan kuota internet. YOUTUBE punya jasa besar buat hidup aku, tempat aku bener-bener menimba ilmu. How to apply foundation, how to choose best color for my skin type, and eeevvvvvveeerrryyythiiiing. I LOVE YOUTUBE!. Youtuber dan beauty blogger dari Indonesia yang pertama kali aku ikuti adalah Harumi Sudrajat. Aku banyak banget belajar dari dia saat itu dan hingga hari ini. She’s one of the best, she’s one of my favorites. 

Yang aku ingat, di tahun 2015 seorang sahabat aku Hedith Prawitakanthi mengeluarkan statement. ”Come on girl, you have that talent. You should be a make-up artist. You should try and start from the small things. TRY IT!!!”. Hedith tau banget aku suka make-up untuk Mama aku dan suatu saat setelah dia mengeluarkan statement diatas dia sangat bersedia jadi my first ever customer for doing her make-up.
Make-up / Beauty thing is fun and i literally don’t know what exactly i feel about make-up. All i know, make-up / beauty thing makes me happy on the inside. Yang aku tau ketika aku ada di mall dan melewati Beauty or Make-up Section di departement store, it feels like i’m the happiest girl in the world. Aku bukan perempuan yang terobsesi-banget pengen jadi cantik sampai menjadikan make-up sebagai “dewa” dan sebagai “topeng” untuk menutupi kekurangan. Make-up mungkin tercipta untuk menyempurnkan apa yang kurang dari wajah aku, tapi itu bukan tujuan utama buat aku. I believe the words : “Make up is not about making you look plastic, it’s about enhancing your natural beauty” -Unknown 

SEE YOU
- Kiki Casmita 

Kiki Casmita

I see beauty in everything

No comments:

Post a Comment