What's my name?

Selama ini di lingkungan manapun semua orang kenal aku dengan nama Kiki. Sosok Kiki dengan badan yaaaaaa agak berisi dan chubby, rambut panjang, kulit yang terang dan mata yang agak sipit. Sosok Kiki yang kalau menurut Orang Jawa “Sembrono”. Si pecinta lipstick dan gak bisa hidup tanpa brow-kit.

Mereka mungkin paham aku seperti apa. TAPI, ada beberapa dari mereka yang gak tau siapa nama asli aku. Dan setelah tau dari KTP atau dari identitas aku lainnya mereka pasti kaget. Gak cuma kaget, biasanya muncul lah pertanyaan-pertanyaan. Dari “Ini nama asli lo?”, “Nama lo kok laki banget?”, sampai “Kok di social media Kiki Casmita? Nama panggung dari mana?”. Haha, pokoknya banyak banget deh pertanyan semacam itu untuk masalah nama asli aku. So, let me break it down.
My real name is Ade Rizky, sama dengan nama yang tertera di header halaman ini. Sounds like a man? Yep, mungkin udah 1689 makhluk didunia ini yang bilang itu (drama dikit). Tapi itu beneran nama asli aku looohhhhh. Nama asli dari Papa aku. Kalau mau backward, banyak banget pengalaman soal nama lengkap aku yang emang “Laki Banget”.

Masa kecil sampai masa di Sekolah Dasar aku melewati nya tanpa ada kejadian apapun yang berkaitan dengan nama aku. But one time, when i was start my amazing life in Junior High School sesuatu terjadi. Di tahun 2003, diawal aku resmi menjadi siswi Putih-Biru, sekolah berjalan dengan absensi yang alakadar nya. Karena saat itu murid di angkatan aku banyak banget, dengan alasan itu lah setiap dikelas absensi nya hanya menggunakan kertas yang sudah tertera nama-nama murid dengan tulisan tangan. Ketika terbit abesensi sebenarnya, guru-guru dikelas hanya bisa senyum. Teman-teman dikelas hanya bisa ketawa. You know why? Diabsensi aku tertera dengan keterangan berkelamin “L”. Yes! LAKI – LAKI!. Aku super-bete saat itu, protes ke pihak sekolah yang hanya memberikan jawaban mengecewakan. Alasan mereka adalah karena Akte Kelahiran aku gak mereka temukan, jadi mereka berasumsi kalau murid yang bernama “Ade Rizky” adalah seorang laki-laki. Tapi sangat alhamdulillah hanya berlangsung satu semester nama aku berketerangan  “laki-laki”. Thanks God!.
The life must go on, selama bertahun-tahun aku tetap hidup dengan menyandang nama laki-laki. Yang secara kebetulan di tahun 2009 aku kuliah di jurusan Teknik Perminyakan yang super makin bikin aku jadi “Laki” (kata Mama dan teman-teman aku). Berhasil lulus kuliah, aku dapet kesempatan kerja di sebuah perusahaan kontraktor migas. Perusahaan yang bekerja sama dengan sebuah oil company asing. Saat itu salah satu job desk aku adalah menjalin komunikasi dengan beberapa leader dari pihak client di Offshore. You know what, aku pun mengalami satu moment dimana aku mengirimkan sebuah email untuk seorang Leader di laut sana. I REMEMBER CLEARLY, he replied my email with “Dear Bapak Ade”. GOD! Satu kantor ketawa karena memang ada beberapa orang dikantor yang pernah ketipu juga dengan nama aku ketika aku pertama kali tanda tangan kontrak disana.
Well, seiring berjalannya waktu aku sudah mulai terbiasa banget dengan nama “laki” yang aku sandang. Setelah aku pikir, walapun nama aku pasaran but it’s quite catchy. Orang-orang jadi gak pernah lupa sama sosok seorang Ade Rizky, perempuan berambut panjang tapi punya nama yang sangat gagah. Aku merasa bahagia juga karena banyak moment yang bersumber dari nama aku yang bikin mereka ketawa bahagia. Ditambah, aku dan sepupu-sepupu aku janjian untuk mencantumkan nama "Casmita" untuk nama social media. Bukan nama panggung, bukan nama sok keren, "Casmita" adalah nama Kakek Kandung aku. I'm so proud to put Kiki Casmita everywhere. Another side aku bersyukur banget dapet input dari beberapa orang tentang konsep “bersyukur” dan  juga aku dengar statement tentang bersyukur dari Dian Sastrowardoyo di acara Just Alvin! Edisi 2 November 2015.  



Dian Sastrowardoyo said, "If you want to have magic in you life, you have to be able to be grateful" Yeaaaaaah! Aku tersadar bahwa aku harus bersyukur, karena dibalik nama aku yang katanya "Laki-Laki" itu memiliki arti yang sangat bagus. Bahasa Afrika dan Bahasa Jerman mengatakan “Ade” adalah Crown, Royal, atau kalau bahasa kita nya Bangsawan. Arti nama “Rizky”?. Best gift and bless. Yes, I am so blessed

SEE YOU
- Kiki Casmita

0 comments: