Celebrate a decade of Beauty Industry in Indonesia

Mungkin orang disekitar aku bosen kali yah denger ocehan aku, ocehan betapa addicted-nya aku sama make up. Sometimes, i think i’m such a silly-drama queen. Oh yes, c’mon. Gimana aku bisa menahan diri untuk gak teriak ketika dapet barang-barang yang aku suka. Well, i just celebrate how happy i am.

But, kinda freeze for a while ketika aku dapet tantangan untuk nulis “Dunia Kecantikan di 10 Tahun Terakhir”. Hmmmm, let me thinkLet say aku baru serius menekuni dunia ini baru menginjak 4 tahun. Not as a professionalbut i really enjoy scrolling down in the internet to find everything about this industry. Kalau harus menggambarkan dunia kecantikan hanya dengan 1 (satu) kata, mungkin kalimat yang tepat menurut aku adalah Amazing.

Kaget memang ketika aku baca artikel bahwa dunia kecantikan di Negara Indonesia dari tahun ke tahun selalu meningkat. In fact, sebaliknya perekonomian di Negara ini tidak dapat dikatakan meningkat. WOW!

Aku gak tau ini kabar baik atau kabar buruk. Dari sisi seorang beauty junkieit’s very good news. Iya dong, karena banyak banget brand Luar yang masuk ke Dalam Negeri. Jadi gak perlu lagi repot-repot untuk belanja yang harus dikirim dari Luar Negeri dengan pajak, bea cukai, dan lain-lainnya. Gak perlu lagi juga nunggu teman atau keluarga yang ke Luar Negeri  cuma buat titip bedak.

Cari produk kecantikan brand Luar tapi belum ada store di Indonesia?. Don’t worry, Honey!. Grab your smartphone, come to your Instagram, and see how easy you can find the brand or products. Gila, segampang itu kalau mau cari produk Luar Negeri yang memang belum masuk ke Indonesia.

Brand kecantikan Lokal juga gak mau kalah saing dari Produk Luar.  Banyak brand Lokal baru bermunculan dengan marketing yang sangat menjanjikan. Dengan packaging yang menggemaskan, dengan Natural Ingredients untuk bikin kulit sehat, sampai dengan kampanye bahwa produk mereka super oke dengan harga terjangkau dan gak kalah sama produk Asia atau produk belahan Dunia lainnya yang harga nya memang kadang kurang sopan. I’M SO PROUD!.
Salah satu  Brand Lokal Indonesia Terbilang  yang Baru.
Good Quality and doesn't broke the bank.
Brand lokal yang sudah lama eksis pun mulai mengembangkan diri dengan keluar dari comfort zone mereka. Mengikuti trend dan permintaan pasar tapi tidak merubah “jati diri” dari brand tersebut. Well, dulu mana pernah sih kita menemukan warna lipstick yang beragam dari brand Lokal?. Brand Lokal identik dengan warna Lipstick yang “aman”. Today? You can find anti-mainstream color for your lips from our Local Brand. I’M SO PROUD!.
Salah satu Brand Lokal Indonesia yang sudah ada dari tahun 1993.
Mengikuti trend dengan meluncurkan lipstick matte,
dengan warna yang "gak biasa". Photo Credit By : Female Daily


Tapi dari sisi lain, ada yang mengganjal di hati aku. Out of nowhere aku ngerasa pasti banyak banget perempuan, khususnya anak muda di luar sana yang konsumtif dalam membeli barang. Aku bisa bilang seperti ini, karena ada beberapa temen disekitar aku yang tanpa pikir dua kali langsung beli produk make up yang nge-hype banget. Okay, it’s their own business. Tapi sedih karena mereka membeli produk hanya karena lagi nge-hypeBut, what if the hype-products came with very high price?. C’mon, what’s next?. Mereka sedih karena harus mengocek kantong lebih dalam, produk tersebut gak terpakai sesuai kapasitasnya, atau malah gak terpakai sama sekali.
Left : Bulu Mata Palsu, Brand Internasional,
Tapi Made in Indonesia, Dijual dengan harga 70-100 ribu Rupiah
Middle : Bulu Mata Palsu, Brand Lokal, Made in Indonesia
Kualitas gak beda jauh sama Brand Internasional sebelahnya,
Dijual dengan harga sekitar Rp. 40 ribu-an Rupiah
Right : Bulu Mata Palsu, Brand Lokal, Made in Indonesia
Kualitas agak beda dari produk Lokal lain.
Tapi dengan harga 5 ribu Rupiah saja,
bulu mata bisa se-badai Syahrini
Hmmmm, a lil’ bit drama about thisIf you have enough money to buy the-hype-expensive-product, go for it.  Atau ketika memang butuh dengan ‘hasil’ yang diberikan produk make up tersebut, kamu bisa nabung tanpa harus buru-buru beli karena untuk mengikuti trend.

In fact, lets be real, if you’re “make up on the budget” coba deh fokus dengan brand Lokal. Karena banyak produk dalam Negeri yang super-kece, yang kualitasnya gak perlu diragukan lagi dan dengan harga yang terjangkau.
Eyeshadow dari Brand Lokal dengan Label "Halal", Kualitas yang OKE BANGET

Maskara Anti-Badai dari Brand Lokal dengan harga MURAH

My Favorite Cream Blush and Powder Blush from Local Brand 
Lets celebrate a decade of the Beauty Industry in Indonesia with not to be a consumptive person. 

SEE YOU
- Kiki Casmita 

Kiki Casmita

I see beauty in everything

2 comments:

  1. aku bukan trmasuk yg tergila2 ama make up sih, tapi tetep budget untuk make up harus selalu ada krn tuntutan pekerjaan ;p.. ga ada merk favorit, krn aku juga suka ganti2 nyobain merk lain :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, good for you Mbak.
      Aku juga suka coba2, karna tuntutan. Pokoknya budget tetep harus jadi perhatian.

      Anyway salam kenal Mbak, blog-mu bikin ngiler :(

      Delete