Be Proud of Your Skin, Be Happy, and Be Pretty

I'm proud of my skin! Light-medium with Yellow Undertone.
Beberapa tahun terakhir aku memang lagi asik dengan dunia kecantikan. Khususnya dengan makeup. I admit, I love blogging world more each day. Tapi bermain dengan makeup tetap jadi sesuatu yang penting untuk diri aku. Entah dari mana asalnya, aku pun juga percaya kalau warna-warni di mata dan bibir punya ‘magic’ tersendiri buat aku. Jadi yah aku suka muka tembok kalau ada orang lain yang coba menghalangi ku. Tsaaaaah!.


Tunggu! Masih ada yang kadang selalu mengganjal hati aku. Setiap ketemu dengan beberapa teman terdekat pasti ada aja komentar ,“Lo mah enak Putih, pakai apa aja pasti cocok. Warna apa aja pasti cocok. Lah gw?”. OH MY GOD!!!! Lelah dengar kalimat itu. For real, gak hanya satu atau dua orang aku temukan yang berkomentar seperti itu. 

Apakah mereka bercanda? NO! They really mean it!. Mereka benar-benar takut untuk mulai bermain dengan makeup, khawatir hasilnya gak memuaskan karena warna kulit mereka yang . . . well, tergolong tidak putih. Yang berakhir mereka lebih senang membicarakan cream wajah apa yang ampuh untuk memutihkan wajah daripada membahas eyeshadow pallete yang warnanya membahana. Dan biasanya, saat itu pula aku omelin mereka. Haha. Maaf,judes bawaan lahir.

Mungkin aku memang gak bisa terlalu menyalahkan teman-teman aku. Susah dipungkiri dan harus di akui, kalau  di Negara ini masih banyak stigma bertebaran kalau CANTIK ITU PUTIH atau PUTIH ITU CANTIK. *deep sigh*

But, seriously. Aku merasa sedih, kadang bercampur sedikit rasa marah, kalau ada teman aku yang gak pede akan dirinya. Apalagi soal warna kulit. Jujur, di dalam diri aku yang paling dalam masih belum menemukan jawaban dari statement 'Kulit putih itu adalah definisi cantik yang seutuhnya' atau 'Punya kulit putih itu mudah pakai warna baju atau makeup'. 

First of all, menurut kacamata pribadi aku padahal banyak loh di luar sana perempuan yang sukses tanpa dibungkus dengan kulit putih. Di dalam maupun di luar Indonesia. Kalau putih hanya menjadi ukuran terlihat 'cantik'. Hemmmmm, pernah dengar cerita bahwa banyak perempuan rela kulit mereka tidak sehat asal terlihat putih? Aku sering, dan itu menyeramkan. Mereka memilih kulit mereka cantik daripada sehat. Mereka lebih memilih merubah daripada merawat. *deep sigh* 

Second of all, menurut ku salah besar kalau jaman sekarang kalau masih ada yang merasa 'kulit tidak putih tidak bisa bermain dengan warna'. Are you living under a giant rock? Or what? Karena sekarang udah banyak banget brand yang melahirkan banyak warna yang bisa disesuaikan dengan warna kulit dan juga berbagai undertone. Bingung apa yang cocok untuk kalian? It's okay, relax! Sekarang sudah banyak tutorial dengan bonus para Youtuber pasti punya warna kulit yang berbeda. Icip sana-sini pun gak masalah, karena trial and error pasti harus dilewati. Aku yang terbilang berkulit cenderung putih pun tidak dengan mudah menemukan warna yang pas. Dengan kata lain, aku pun masih harus explore warna apa yang memang terlihat cantik dikulit aku yang tergolong putih langsat ini.

Third of all, aneh gak sih kalau semua perempuan atau manusia di muka bumi ini punya warna kulit yang sama?. Gak bisa kebayang sih, haha. Dan kita sebagai perempuan harusnya bangga dengan perbedaan itu. Karena menurut aku semua warna kulit cantik dan punya keunikan masing-masing.

Me & My Cousins. Ada hubungan darah pun kulit kami semua berbeda.
Definisi cantik itu bukan berarti melulu soal kulit dan tampilan luar. Selalu bersyukur dengan apa yang kita punya, bangga dengan apapun anugerah Yang Kuasa, dan bahagia dengan semua. Itu sudah cerminan kalau kita adalah perempuan cantik. Itu yang selalu ada di pikiranku.

Well, anyway, kalian setuju gak dengan ocehan aku di atas? Hihi. Kalau setuju, yuk ikut bantu ubah cara orang memandang warna kulit dengan mendukung gerakan #BanggaDenganWarnaKulitmu oleh Clean & Clear Indonesia. Cukup main ke http://kbj.review/akusetuju dan kalian akan bisa punya badge gemes seperti yang aku punya. Dan jangan lupa disebarkan loh. Cause sharing is caring 💖


 See You,

- Kiki Casmita 💋

Kiki Casmita

I see beauty in everything

5 comments:

  1. Setuju, mau warna kulitnya apapun pasti tetap cantik kok. Selama tau bagaimana merawatnya.

    ReplyDelete
  2. aku harus mengamini soal ini, banyak cewe-cewe di indonesia masih merasa kulit putih adalah segalanya untuk mendeskripsikan kecantikan. :(

    lebih sedih lagi kalo ketemu orang yang pada dasarnya kulitnya putih, tapi terus ngeluh karena kulitnya menghitam seolah-olah kalau kulit menggelap itu dosa hukumnya.

    mau ngomel gimana, ga ngomel juga gimana. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. NAH!!!!
      YAH KAAAANNN!!!!!!!!!

      Gemes sebenernya.
      Kalau itu temen aku sendiri biasanya aku omelin sih.
      Bodo amat dibilang galak hahahaha.
      Kalau yang gak erlalu deket biasanya aku senyumin aja, walopun gemes.

      Anyway, thanks mbak udah mampir :)

      Delete