#TOP3 Contouring & Highlighting Palette (recommended makeup for beginners)

The Trio. I love 'em. I just love 'em.
Shading oh shading….. Dari segi Bahasa memang artinya sudah ‘Pembuatan Bayangan’. Bisa jadi ini salah satu part favorite banyak orang dalam make-up. Termasuk aku. Hahahahaha. Yah gimana enggak woyyyyy. Hanya dengan Contouring Palette, gak perlu sedot lemak pun udah terlihat kurus. Hanya dengan Contouring Palette, gak perlu operasi plastik pun udah terlihat mancung. Yah pokoknya udah rahasia umum Contouring itu senjata para wanita.

Oh iyaaa, mungkin aku akan menyinggung sedikit soal perbedaan Contour dan Bronzer. Karena pasti dua kalimat itu banyak terdengar. Kalau definisi menurut aku pribadi, Contour yang bertugas pemberi bayangan untuk 'membentuk' dan 'mempertegas' beberapa fitur wajah. Memancungkan hidung, meniruskan pipi, atau membuat daerah jidat jadi lebih kecil. Kalau Bronzer yang bertugas untuk 'menghangatkan' atau bisa dibilang 'menggelaplan' warna kulit. Biasanya senjata kalau gak sengaja pakai foundation atau bedak yang warnanya lebih terang dari warna asli kulit.


Kalau sudah urusan make-up aku menganut paham “Make-up itu gak ada benar atau salah. Make-up itu gak ada bagus atau jelek. Make-up itu selera. Make-up itu cocok atau gak cocok. Make-up itu PD atau gak PD. Dan make-up itu tergantung kebutuhan”.

Yess!!! Tergantung kebutuhan. Tergantung selera. Tergantung kemauan. Dan penting juga, tergantung kemampuan. Kalau aku pribadi, contouring memang salah satu part penting tapi bukan jadi buruan utama. Maybe it’s just because i am a Foundation Person and Lipstick Junkie. Jadi aku lebih rela uang aku di investasikan untuk Foundation atau Lipstick. Cuma dengan punya 1 contouring palette buat aku udah lebih dari cukup. Yahh kalau kalian main ke kotak makeup aku, kalian akan menemukan lebih banyak botol-botol berwarna ‘coklat’ dari pada contour palette. Yup, sesuai kebutuhan, selera, kemauan, dan kemampuan.


Waktu jaman-jaman awal aku ‘serius’ di dunia Make-up aku pertama punya E.L.F Contouring Blush & Bronzing Powder. Jujur aku gak inget shade-nya, antara St. Lucia atau Turks & Caicos. As i said, aku memang selalu mengincar produk multitasking. Karena produk ini ada bronzer juga blush. Terus setelah berapa lama, aku punya Bronzing Powder-nya Max Factor yang shade 01-Golden. Saking emang males beli bronzer atau contouring powder, produk ini sampai Hit Pan. Hahahahaha. Iyaaa, aku pakai Bronzing Powder as a bronzer and as a contouring. Mungkin karena namanya Bronzing Powder warna-nya memang Warm banget dan cantik. Tapi agak tricky kalau untuk counting. Seiring berjalannya waktu koleksi aku pun bertambah. Aku punya The Balm Betty-Lou Manizer aka The Bronzing Bandit dan Too Faced Chocolate Soleil Medium/Deep Matte Bronzer.

Kembali ke pasal Makeup adalah pilihan personal, aku pribadi berjodoh sama contour yang ada sekalian highlighter. Menurut ku lebih simple dan ringkes aja. Apalagi kalau mau travelling. Kadang aku gak perlu bawa eyeshadow lagi. Untuk eyelid aku pakai warna si Highlight dan untuk crease aku pakai si warna Contour/Bronzer. Terus sekalian juga bisa buat muka kan? Yassss…. I’m kinda girl who loves everything that multitasking.

Yang menjadi teman setia aku selama ini dari 3 brand yang berbeda dan yang pasti dengan vibes yang beda juga dan buat aku bisa banget buat jadi pilihan para pemula yang mau icip-icip Contouring Palette atau Bronzing Palette tapi masih bingung dan menimbang mau beli produk buat contouring yang kayak apa.

Pixy Cosmetics Highlight & Shading – Perfecting Face Shape (10gr) 

pixy highlight and shading

Bangga gak sih lokal produk Indonesia ada yang punya ini. Aku suka konsep packagingnya, gak banyak basa-basi. Warnanya hitam, ringan, bentuknya bundar. Bagian kemasan atasnya ada tulisan Pixy dan di bagian bawah ada keterangan tentang produknya. Dalam kemasannya juga ada bonus cermin.
pixy highlight and shading

Buka kemasan produk ini, langsung bisa terlihat ada dua warna di sana. Yesss, coklat untuk shading dan putih untuk highlight. Tekturnya tergolong lembut buat aku, walaupun agak powdery. Tapi gak yang lebay juga. Jadi masih nyaman banget untuk diaplikasi-in ke wajah.
pixy highlight and shading

Tapi produk ini sungguh tricky cara pemakaiannya. Iyaaa, harus pinter-pinter mengakali atau benar-benar kenal dulu dengan produk ini. Judul produknya memang shading, tapi warna coklat yang dikasih sungguh lah sangat warm. Memang gak terlalu pigmented, tapi kalau kebanyakan bisa jadi terlihat muddy si countour Pixy ini. Muddy tapi kearah sangat orange wajah kita. Untuk highlight-nya kalian pasti kaget sih. Warnanya yang terlihat di pan adalah putih. Dioles di tangan pun masih terlihat putih. Begitu diaplikasikan kewajah juga masih terlihat 'putih'nya. But once you blend it, OMG.... Akan terlihat kilatan atau butiran halus highlight. Bukan glitter atau shimmer yang heboh gitu. Yahhh aku sih suka yah. Bukan anak highlight yang blinding.
pixy highlight and shading
Swatch : PIXY Cosmetics HIGHLIGHT & SHADING - Perfecting Face Shape
Ketahanan lama? Untuk kisaran harga 30 sampai 50 Ribu sih menurut aku lumayan tahan lama. Aku sih merasanya yang lebih cepat hilang di daerah Bronzing, sedangkan di daerah contouring masih ada definisi, Highlighter-nya pun sama. Ketika pigment-nya pun sudah memudar, tapi sparkling-nya masih ada di sana. 

Catrice Cosmetics Prime and Fine Professional - Contouring Palette, 010 Ashy Radiance (10gr)
catrice prime and fine professional contouring palette - 010 ashy radiance

Yang kedua datang dari salah satu brand yang cukup menghebohkan jagat raya Indonesia. Karena konsep yang cukup bisa bikin semua orang mau nengok ke arah mereka. Catrice ini asalnya memang dari Jerman. Datang dengan kualitas yang terbilang great dan dengan harga yang affordable.

Oke, sekarang fokus sama Catrice Cosmetics Prime and Fine Professional - Contouring Palette yang shade nomor 010 Ashy Radiance. Jujur awalnya aku iseng banget beli ini. Sekitar November 2017 kemarin aku sempat ikutan Makeup Review Competition-nya Catrice sama @indobeautygram. Aku dapat paket yang isinya beberapa produk Catrice Cosmetics untuk aku review dan buat one brand makeup tutorial on Instagram. Setelah aku gabung dengan produk Catrice yang aku punya, aku baru sadar kalau belum ada Bronzing atau Contouring Powder. Jadilah aku ke Guardian dan naksirnya sama ini.

catrice prime and fine professional contouring palette - 010 ashy radiance


catrice prime and fine professional contouring palette - 010 ashy radiance

Alasan pertama dari harga. Fyi, it's under 100k. Kalau gak salah 70ribu-an deh. Kedua karena fungsi, yes, beli satu dapat dua produk. Hihihihihi. Ya dong, ada untuk contouring dan ada untuk highlighting. Ketiga dari warna yang menurut aku pas sama dengan yang aku cari saat itu. Keempat karena kemasannya, i swear it, ini ringan banget dan gak ringkih.

catrice prime and fine professional contouring palette - 010 ashy radiance

Untuk warna, iya, aku sengaja memang beli shade  010 Ashy Radiance. Aku merasa jodoh aja sama warna contour-nya. Coklat dengan cool undertone. Yang pasti aku super yakin, kalau warna itu bisa untuk contouring dan bronzering powder. Dan pada kenyataanya memang benar sekali, produk ini sangat multifungsi. Walaupun memang, ketika bertugas sebagai Bronzing Powder harus sangat berhati-hati. Yessss, karena ada hint  abu-abu bisa jadi gelap banget wajah.

Untuk tekstur is good. Not too creamy but not too powdery. Buat aku di tengah-tengah lah. Memang gak terlalu pigmented, tapi justru bagus menurut aku untuk para pemula. Untuk yang udah terbiasa dengan makeup pun masih tergolong bagus buat aku, karena bisa banget di build. Jujur, highlighter-nya juga sangat terpakai. Bukan tipe yang blinding, tapi cukup kasih efek glow di wajah walaupun dengan undertone sedikit putih. Ketahanan? For under 100k, lumayan sih buat aku.

But, to be honest, aku lebih suka highlighter yang ada di CATRICE Light & Shadow Contouring Blush - 030 Rose Propose. Karena terasa lebih creamy, lebih 'terasa halus', dan undertone-nya Pink. Sebenarnya produk ini isinya Matte Blush On dan Highlighter.

Studiomakeup Face Sculpting & Highlighting Palette (7.5gr)
studiomakeup face contour kit

Nahhhhhhhhhhh!!!!! Dari sekian palette yang aku punya, ini lah yang 'paling' menurut aku. Paling kokoh kemasannya, paling lengkap isinya, paling tahan lama, dan paling extra-cost. Yes, you have to spend about 400k to get this palette.


studiomakeup face contour kit

Kemasannya memang terbuat dari plastik, tapi berasa banget kokohnya. Semacam kalau kita genggam terasa 'mantap', paham kan? Hehehehehe. Aku seyakin itu bilang kokoh, karena memang palette ini sudah gak terhitung berapa kali ciuman sama tanah tapi masih sehat di pelukanku. Oh iya, di dalamnya pun ada nice mirror yang sangat menjadi penolong.

Isi produknya? Haduuuuhhhhh..... Definisi multifungsi. Definisi paket lengkap. Studiomakeup Face Sculpting & Highlighting Palette setidaknya bener-bener punya tiga produk. First, brown with cool undertone for contouring. Second, brown with warm undertone for bronzing. Third, there are two nice highlighters. One side has Pink Undertone and another side has Champagne undertone.


studiomakeup face contour kit

Kualitas? Duuuuuuhhhhh Coba kalian perhatikan dengan seksama. Dalam foto yang aku lampirkan, sang Bronzing Powder sudah menyentuh hit pan. Iyaaaa, secinta itu aku sama produk ini. Palette ini juga yang gak pernah absen saat aku jalan-jalan. Karena bisa banget aku jadiin sebagai eyeshadow. Yessssss...... si highlighter buat di eyelid dan contour & bronzer nya untuk di-crease. Super bleandable dan tahan lama bersandar beberapa jam di wajah aku. ITU PENTING!


studiomakeup face contour kit
Bonus dapet dua warna highlighter. Bikin gak mau beli yang baru kalau belom habis. Hahahahaha
Pigmentasinya memang yang 'paling show' dari palette-palette yang aku punya. Terutama untuk Contouring Powder, makanya terlihat masih banyak produknya. Karena dicolek sedikit aja sudah muncul warnanya. Jadi gak berani colek terlalu banyak, hehehehe. The Highlighters? OMFG! I LOVE IT!!!!!! Sumpah, mungkin karena produk ini yang selalu membatalkan niat aku untuk beli highligther baru. Gimana yah, karena aku benar-benar cinta sama tipe highlighter yang hanya kasih luminous-sheen-glow. Gak perlu yang membutakan mata, cukup yang kasih efek 'bercahaya' pun aku sudah senang. Luminous glow with natural effect! LOVE!

Menurut aku pribadi, walaupun harganya berkisar 400 ribuan tetep bisa jadi pilihan. Dengan harga segitu aku dapat all of the goods inside it. Dan lumayan bertahan lama loh. Yahhh investasi jangka panjang yang cukup untuk punya 1 palette yang pasti akan sangat amat berguna untuk kesejahteraan meberikan efek pada wajah. Hahahahahahaha. Intinya paham kan? Yes, i love it that much.

See you,
- Kiki Casmita ❤

3 comments:

  1. Contour-nya Catrice warnanya soft ya, ngga segonjreng Pixy hehe Kl contour aku pake The Balm Bahama Mama, udah paling pas banget buat kulitku yang medium hihihi Udah hit pan juga nih, rencana mau switch ke Hoola. Semoga cocok juga :D

    ReplyDelete
  2. Saya gak pernah pake contour kecuali kalau dimake up-in orang hehe... kalau dandan sendiri gak pede karena duh di tangan saya contour itu malah bikin wajah saya terlihat aneh😭

    ReplyDelete
  3. Pixy!!! Harganya murah ceria, aku pernah pake dan pas lagi suka-sukanya eh pecah ��

    ReplyDelete